Ramadhan ke-2 Upgrade Skill: Cara Sedekah Setiap Hari

 Ramadhan ke-2 Upgrade Skill: Cara Sedekah Setiap Hari

Fyi, catatan ini dibuat untuk meresume kegiatan yang aku ikut di Positivity Ramadhan yang diselenggarakan oleh @Positivistri



Hah sedekah tiap hari? Duh buat diri sendiri aja kurang.

Sering merasa seperti itu? Terusin aja, paling tetap merasa kurang.

Aku meyakini bahwa rejeki sudah diatur. Kita mungkin tidak tahu rejeki itu ada dimana tapi Rejeki selalu punya cara untuk menemukan kita. Kadang, kita hanya kurang bersyukur. Dan salah satu cara atau bukti kita bersyukur adalah bersedekah.

Btw, kalau kalian masih berpikir jika sedekah itu hanya sebatas uang. Kusarankan kalian main lebih luas, karena sedekah lebih luas dari apa yang dipikirkan.

Sedekah bisa dilakukan dari hal yang terkecil dan bisa dilakukan setiap hari. Berikut contohnya.

kenal ga sama emoticon πŸ˜Š☺️πŸ˜πŸ˜„πŸ˜ƒπŸ˜€? Yess, kita udah ga asing kan sama emoticon tersebut. Kita bisa menyisipkan emoticon senyuman disetiap section komen, atau setiap interaksi dengan orang lain di media sosial. Aku rasa ga berat menggerakkan jari kita ke emoticon tersebut. Oia, jangan lupa kalo salam, kasih lengkap jangan singkat. Karena semua mengandung doa yang baik

Lanjut ke contoh yang lain. 

Coba lihat anggota keluarga di dekatmu, apakah dia terlihat lelah? Coba tawarkan pijat atau mengobrol atau memberi kenyamanan kepada mereka. 

Ketika kalian menaiki bus umum atau kereta atau alat transportasi umum lainnya. Perhatikan sekitarmu apakah ada yang lebih membutuhkan tempat duduk yang kamu duduki.

Donor darah, adalah salah satu sedekah yang bukan hanya menolong orang lain, tapi juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita

Pilahlah sampahmu di rumah. Pisahkan mana yang organik dan anorganik. Misalnya plastik-plastik dikumpulkan lalu kita bisa kasih pengumpul sampah.

Memberi informasi positif dan bermanfaat di media sosial. Jangan cuma curcol ga jelas aja di medsos. Biar berpahala, coba hiasi media sosial kita dengan hal yang bermanfaat

Btw, ini baru sebagian kecil loh yang saya sebutkan. Banyak hal-hal yang simpel, mudah dan gratis. Coba ada contoh yang lain? 

Asal semua diniatkan untuk bersedekah dan mengharapkan balasan hanya dari Allah SWT

Yang paling penting adalah

AYO MULAI SEKARANG JUGA!!!

Sufyan At-Tsauri ra berkata, "Apabila engkau berkeinginan untuk sedekah, atau melakukan suatu kebajikan, atau berama shaleh, maka segera ditunaikan di waktunya. sebelum engkau dipisahkan dengan keinginan tersebut oleh syaitan" (Hilyah Al-Awliya 7/62)

Oia, aku juga pernah mendengar ceramah dari dr Zaidul Akbar. Ketika kita membiasakan sedekah, maka hal tersebut bisa membantu tubuh kita menjadi sehat.

Banyak kan manfaatnya? Masih ga percaya? Ya coba aja sendiri dan buktikan ☺️☺️☺️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Days Challenge JSR

Ramadhan hari ke-6 : Hal-hal yang Harus Dipikirkan Ketika Hendak Berhutang

Berjarak