7 Days Challenge JSR

Sesungguhnya dan sebenarnya sudah lama aku kepo-kepo tentang Jurus Sehat Rasulullah dari dr. Zaidul Akbar. Mulai dari baca bukunya, lihat kajian di Youtube sampe ke IG beliau. Semua sudah aku kepoin. Tapi ya itu, baru sekedar kepo, belum menjalani. Mohon jangan ditiru kawan-kawan😀😀. Yang belum tahu Jurus Sehat Rasulullah yang biasa disingkat JSR, bisa langsung google. Karena kajiannya mudah ditemui.

Bermula dari kegiatan dietku yang stop selama pandemi. Pikirku bagaimana caranya aku tidak sakit saja itu sudah cukup. Eh eh eh ternyata kebablasan. Makan tak terkontrol ditambah lebih banyak rebahan yang akhirnya mengakibatkan beberapa hal

1. Badan melar
2. Timbangan badan bergerak ke arah kanan
3. Mudah sekali mengantuk di siang hari dan susah tidur di malam hari alias insomnia
4. Muncul banyak jerawat
5. Siklus haid tidak teratur

7 Days Challenge JSR


Aku kembali mengingat masa-masa 2019, yang dimana aku berjuang menurunkan berat badan dari 85 kg ke 68 kg. Yups, 17 kg berhasil aku turunkan. Tapi sayangnya kuhentikan selama pandemi ini.
Akhirnya aku mulai bicara pada diriku sendiri, "Baiklah Yuli, sudah saatnya kamu kembali berjuang untuk diet". Dan untuk memulai itu semua, aku berkomitmen untuk menjalankan salah satu jurus JSR adalah 7 Days Challenge JSR. Kalau kata dr. Zaidul Akbar, banyak penyakit bermula dari miskin dan kurangnya mineral dalam tubuh kita, padahal mineral-mineral tersebut sudah Allah ciptakan di tanah. Banyak sekali "Inflamasi" atau peradangan yang terjadi dalam tubuh manusia akibat miskinnya mineral dari apa yang kita konsumsi. Ditambah terlalu tingginya konsumsi protenin hewani yang sebenarnya berdasarkan "Teori Gigi" manusia hanya mempunyai 4 gigi taring. Yang artinya manusia harusnya tidak terlalu banyak konsumsi daging. So, salah satu cara "Membahagiakan" tubuh kita adalah dengan 7 Days Challenge JSR ini.

Mari kita mulai dari aturan dari 7 Days Challenge JSR. Sebelum masuk aturan, ada baiknya kita luruskan niat dulu. Niatkan menjalani Challenge ini sebagai bentuk ibadah karena dengan kita menjaga tubuh kita sehat itu artinya kita juga sudah menjalani amanah dari Allah SWT untuk menjaga tubuh kita dengan baik. Oke, lanjut ke aturannya

1. Konsumsi air minimal 2-3 liter sehari (PHh Netral atau Alkali lebih baik | ga tau yang kayak gimana? cari di mba google✌️✌️✌️ )
2. Makan sayur minimal 3 jenis dengan minimal 2 warna. Sebaiknya sayur organik, jika tidak ada, rendam dulu dengan cuka apel / garam atau baking soda kurang lebih 15 menit.
3. Semua olahan makanan tidak dibolehkan menggunakan minyak goreng. Hanya boleh direbus, kukus, sangrai atau Oven
4. Jus buah sayur 1x sehari (disarankan jus seledri plus jeruk / apel / timun | inget, cuma saran. Mau coba yang lain juga boleh)
5. Tidak boleh mengkonsumsi protein hewani (Daging merah, ayam, seafood, susu, telur dll | pokoknya yang berasal dari makhluk hidup nan halal ga boleh dulu)
6. Konsumsi Protein nabati (contohnya tempe dan kacang-kacangan lainnya | asal jangan dikacanginπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ )
7. No Nasi putih! Bisa diganti nasi merah, ubi, kentang dan lain-lain
8. No Gula, kalau mau ada manisnya makan buah-buahan atau tambahkan madu | Kalau mau lebih manis, liat aku aja sih 🀭🀭🀭
9. No Tepung-tepungan | Jaga jarak dulu sama yang namanya tepung-tepungan kayak si dia yang belum halal 😚😚😚
10. Tidak boleh menggunakan micin maupun turunannya seperti MSG, penyedap rasa, dan lain-lain. Kalau mau ada asin-asinnya, pakai Himalaya Salt
11. Pola ini disarankan dikerjakan berbarengan dengan puasa-puasa sunnah seperti puasa senin-kamis, Daud, atau ayyumul Bidh.
12. Sambal boleh, tapi buat sendiri tanpa minyak

Kalian tahu, ketika aku membaca lagi dan lagi aturan demi aturan, dan ketika aku mengetik postingan ini, aku berkali-kali berpikir, "Bisakah aku melalui-nya?" πŸ€”πŸ€”πŸ€”

Mari kita cari tau selama 7 hari kedepan. Karena aku juga sedang berusaha menurunkan berat badan, akan kutambah aturan untuk berolahraga plus mengkonsumsi cuka apel (mumpung baru beli ) ketika aku bangun tidur. Aku akan posting cerita setiap hari tentang perkembangan aku menjalani Challenge ini. Point-point yang akan aku ceritakan lebih ke menu-menu, perasaan, berat badan pokoknya isinya pasti kebanyakan curhat.

Doakan Aku ya!!!!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menonton Kembali Drama Korea Lawas 49 Days

Ramadhan hari ke-6 : Hal-hal yang Harus Dipikirkan Ketika Hendak Berhutang