Ramadhan ke-2 Kultum: Perang Badar

Ramadhan ke-2 Kultum: Perang Badar

Fyi, catatan ini dibuat untuk meresume kegiatan yang aku ikut di Positivity Ramadhan yang diselenggarakan oleh @Positivistri

Sebenarnya bukan ini sih video dari panitia. Tapi entah kenapa link yang diberikan tidak bisa memutar video. Btw, video yang saya sisipkan adalah video kajian Sirah Nabawiyyah oleh Ust. Khalid Basalamah. Sebelum pandemi ada kajian Sirah Nabawiyyah di Masjid Istiqamah Balikpapan.

Aku bukan ahli bercerita sejarah, tapi aku mencoba menceritakan kembali apa yang tangkap dari video yang kutonton dari panitia. Aku mendengar kisah perang ini ketika aku duduk di bangku sekolah. Yang kuingat adalah kaum muslimin saat itu hanya mempunyai sekitar 300an pasukan sedangkan kaum Quraisy mempunyai 1000 pasukan. 1 banding 3.

Ternyata ketika mengetahui perbandingan jumlah pasukan. Rasulullah SAW sempat merasa bimbang terhadap komitmen kaum anshor. Tapi kebimbangan itu hilang ketika Sa'ad bin Muadz maju memberikan pidato yang heroik. Kurang lebih kata-katanya seperti ini, "Demi Allah, kalau engkau (Muhammad SAW) meminta kami menyebrangi kami lautan ini dan engkau menceburkan diri ke dalamnya, kami akan mencebur bersamamu."

Sesampainya pasukan di lembah Badar, dan mengetahui kelengkapan persenjataan musuh yang lebih banyak. Rasulullah SAW tidak henti-hentinya berdoa, "Ya Allah, jika Engkau membinasakan pasukan ini, maka tidak ada lagi yang akan menyembah kepada Mu di muka bumi ini" (HR Muslim)

Dulu aku ga ngerti ketika guruku bilang, kaum muslimin membuat kolam yang besar untuk melawan musuh. Ternyata, pasukan muslimin lebih dahulu sampai di lembah Badar dan menguasai sumber mata air disana. Mereka membuat kolam buatan, sehingga para musuh panik karena kekurangan air. Karena merasa air sedikit, musuh saling berkelahi dan tidak ada lagi persatuan. Di kesempatan itu, kaum muslimin menghujani anak panah ke musuh. 

Setelah strategi pertama, pertempuran dilanjutkan duel tanding satu lawan satu. Kaum muslimin mengirim Ali ra, Ubaidah ra, dan Hamzah. Tak butuh waktu lama, mereka bertiga mengalahkan perwakilan dari kau Quraisy. Melihat gagah dan beraninya 3 orang pimpinan dalam duel, ketakutan orang kafir semakin bertambah sedangkan semangat kaum muslimin semakin besar. Kemenangan-pun diraih oleh Kaum Muslimin.

Oia btw, Perang badar ini terjadi ketika bulan Ramadhan. Membayangkannya saja sudah membuatku merinding. Allahu Akbar.

Itu rangkuman singkat dari aku. Lengkapnya bisa lihat di Sirah Nabawiyyah. 
Semoga, dengan mengetahui kisah Perang Badar ini membuat kita semakin menambah keimanan dan menambah semangat kita untuk beribadah. Aamiin ya Allah...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Days Challenge JSR

Ramadhan hari ke-6 : Hal-hal yang Harus Dipikirkan Ketika Hendak Berhutang

Berjarak